Selasa, 21 Agustus 2007

Hasil Yang diharapkan

a. Memiliki Silabus semua Mata Pelajaran kelas 7- 9
b. Terapainya pemetaan semua mata pelajaran kelas 7-9
c. Tersedianya RPP semua mata pelajaran kelas 7-9
d. Memiliki sarana prasrana yang memadai
e. Tersedianya media pendidikan untuk semua mata pelajaran
f. Terpenuhinya sistim penilaian sesuai SNP
g. Tercapainya kompetensi-kompetensi kelulusan sesuai SNP
h. Tersedianya kurikulum muatan lokal
i. Tercapainya strategi pembelajaran SNP
j. Tersedianya metode pembelajaran sesuai mata pelajaran
k. Terlaksananya kegiatan lomba-lomba olahraga
l. Terlaksananya kegiatan lomba kesenian
m. Menjadi juara KIR tingkat Kabupaten
n. Tercapainya situasi dan kondisi lingkungan sekolah yang kondusif
o. Tercapinya budaya disiplin di sekolah
p. Tercapainya lingkungan sekolah sehat

Strategi Pelaksanaan / Pencapaian

a. Pengembangan kurikulum menjalin kerja sama dan mengoptimalkan warga sekolah dalam membuat pemetaan SK, SD, membuat silabus, membuat RPP, model-model penilaian, melalui work shop, untuk menghasilkan dokumen kurikulum sekolah.
b. Pengembangan sarpras dan media pendidikan, bekerja sama dengan pihak lain dan mengoptimalkan standar sarpras dan media pembelajaran sekolah.
c. Pengembangan system penilaian melengkapi dan bekerja sama dengan MGMP untuk membuat model-model penilaian.
d. Menjalin kerjasama dengan lintas sektoral misalnya camat, lurah, tokoh masyarakat, perguruan tinggi dan perusahaan yang peduli pendidikan.
e. Melengkapi struktur organisasi job discription dengan segala pendukungnya.
f. Kerjasama dengan perguruan tingi, konsultan sekolah lain yang lebih maju, melengkapi literatur manajemen dan melaksanakan diklat.
g. Pengembangan kompensasi prestasi/lulusan mengoptimalkan warga sekolah dalam melaksanakan pembelajaran, work shop untuk mencapai hasil.
h. Pengembangan kurikulum mulok : bekerja sama dengan Home Industri dan Pengusaha Kecil yang berada di sekitar sekolah untuk mendapatkan dokumen kurikulum mulok..
i. Pengembangan strategi pembelajaran : bekerja sama dengan MGMP dan PT untuk melaksanakan pelatihan strategi pembelajaran.
j. Pengembangan metode pembelajaran : mengoptimalkan warga sekolah, tenaga kependidikan dalam melaksanakan penataran untuk membuat model-model pembelajaran.
k. Pengembangan kegiatan olahraga : bekerja sama dengan lembaga atau sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan lomba-lomba dan pelatihan olahraga.
l. Pengembangan kegiatan kesenian : bekerja sama dengan lembaga atau sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan lomba-lomba dan pelatihan kesenian.
m. Pengembangan kegiatan keagamaan : bekerja sama dengan lembaga atau sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan keagamaan.
n. Pengembangan kegiatan pembiasaan (kebudayaan) : mengoptimalkan fungsi seluruh tenaga kependidikan untuk melaksanakan kegiatan pembiasaan di sekolah.
o. Pengembangan sanitasi / sekolah sehat : mengoptimalkan sumber biaya sekolah dan bekerja sama dengan komite sekolah untuk penataan lingkungan sekolah yang sehat.
p. Pengembangan kegiatan KIR : bekerja sama dengan lembaga atau sekolah lain untuk melaksanakan kegiatan KIR.

Program-program Strategis

a. Pengembangan kompetensi dasar
b. Pengembangan silabus
c. Pengembangan RPP
d. Pengembangan Sarpras dan media pendidikan
e. Pengembangan system penilaian
f. Pengembangan komptensi prestasi lulusan
g. Pengembangan kurikulum muatan local
h. Pengembangan strategi pembelajaran
i. Pengembangan metode pembelajaran
j. Pengembangan kegiatan olahraga
k. Pengembangan kegiatan kesenian
l. Pengembangan kegiatan KIR
m. Pengembangan kegiatan keagamaan
n. Pengembangan kegiatan pembiasaan (kebudayaan bangsa)
o. Pengembangan sanitasi/sekolah sehat

Tujuan Sekolahkoe

1. Standar dalam Pengembangan Kurikulum
1.1 Melaksanakan pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (STKP)
1.1.1 Bahan Kajian Kurikulum
1.1.2 Pedoman Pelaksanaan
1.1.3 Bahan Ajar Kurikulum

1.2 Melaksanakan pengembangan pemetaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
1.2.1 Pemetaan SK, KD Indikator dan Aspek untuk Kelas VII s/d IX semua mata pelajaran

1.3 Peningkatan Pengembangan silabus
1.3.1 Silabus untuk kelas VII s/d IX untuk semua mata pelajaran

1.4 Peningkatan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
1.4.1 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
1.4.2 Lampiran
1.4.2.1 Bahan Ajar
1.4.2.2 Instrumen Penilaian
1.4.2.3 Alat Bantu Pembelajaran

2. Standar dalam Proses Pembelajaran
2.1 Melaksanakan pengembangan proses pembelajaran di sekolah
2.1.1 Metode pembelajaran dengan pendekatan CTI
2.1.2 Metode belajar tuntans
2.1.3 Pendidikan kecakapan hidup pra-vocasional
2.1.4 Metode pembelajaran dengan pendekatan lingkungan

3. Standar dalam Kelulusan
3.1 Sekolah mencapai standar kelulusan 100%
3.2 Output dapat diterima di sekolah Negeri / Swasta Favorit
3.3 Output dapat berwirausaha (bagiyang tidak melajutkan)

4. Standar dalam Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4.1 Sekolah mencapai standar kualifikasi tenaga pendidik
4.2 Sekolah mencapai standar kompetensi tenaga pendidik
4.3 Sekolah mencapai standar kompetensi Tenaga TU
4.4 Sekolah mencapai standar komptetensi Tenaga Perpustakaan dan Laboratorium
4.5 Sekolah mencapai standar monitoring dan evaluasi terhadap kinerja Tenaga kependidikan


5. Standar dalam Bidang Fasiltias Pendidikan
5.1 Sekolah mengembangkan dan meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan
5.2 Sekolah memiliki sarana dan prasarana pendidikan sesuai tuntutan pengembangan kurikulum
5.3 Sekolah memiliki media dan alat pembelajaran

6. Standar dalam Pengembangan Sekolah Sehat
6.1 Memiliki Lingkungan Sekolah yang Sehat
6.2 Memiliki Ruang UKS yang Standar
6.3 Memiliki Tenaga Medis / yang memilii kemampuan sebagai tenaga medis

7. Standar dalam Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
7.1 Melaksanakan Implementasi MBS
7.2 Memiliki Administrasi Sekolah yang Lengkap dan Standar
7.3 Memiliki Sistim Organisasi Fungsi Kerja Sekolah yang Standar

8. Standar dalam Pengembangan Sumber Daya Sekolah
8.1 Sekolah memiliki lingkungan yang mendukung KBM
8.2 Sekolah mitra kerja sebagai sumber belajar yang membantu pembiayaan pendidikan


9. Standar Penilaian Prestasi Akademik dan Non Akademik
9.1 Sekolah mencapai standart perangkat model - model penilaian pembelajaran
9.2 Sekolah mencapai Implementasi model evaluasi

wajah sekolahkoe


Ruang Guru yang penuh dengan keakraban.

Visi dan Misi

VISI
“Sekolah Sehat dan Berkualitas Sesuai Kebutuhan Masyarakat”

Indikator
1. Unggul dalam Pengembangan Kurikulum
2. Unggul dalam Proses Pembelajaran
3. Unggul dalam Tenaga Pendidik & Kependidikan
4. Unggul dalam Sarana dan Prasarana
5. Unggul dalam Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
6. Unggul dalam Pengembangan sumber daya Sekolah
7. Unggul dalam Pengembangan Sekolah Sehat
8. Unggul dalam Standart Penilaian Prestasi Akademik dan Non Akademik
9. Unggul dalam Kelulusan

MISI
1. Unggul dalam Pengembangan Kurikulum
Melaksanakan Pengembangan :
a. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
b. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Silabus
c. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
d. Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal (Mulok)

2. Unggul dalam Proses Pembelajaran
Melaksanakan Pengembangan
a. Metode Pembelajaran
b. Strategi Pembelajaran
c. Inovasi dalam pengelolaan kelas
d. Koordinasi Proses Pembelajaran
e. Pengendalian Proses Pembelajaran

3. Unggul dalam Tenaga Pendidik & Kependidikan
Melaksanakan Standarisasi dan Pengembangan :
a. Kualifikasi Akademik
b. Kompetensi Guru
- Kompetensi Paedagogis
- Kompetensi Sosial
- Kompetensi Profesi
- Kompetensi Kepribadian
c. Kompetensi Tenaga Tata Usaha
d. Kompetensi Tenaga Keperpustakaan
e. Kompetensi Tenaga Laboratorium
f. Profesionalisme Petugas-petugas Esktrakulikuler

4. Unggul dalam Sarana dan Prasarana Sekolah
Melaksanakan Pengembangan :
a. Prasarana Sekolah
b. Sarana Sekolah
c. Sumber Daya Alam yang dimiliki Sekolah
d. Media dan Alat Pembelajaran

5. Unggul dalam Kelembagaan dan Manajemen Sekolah
a. Melaksanakan Implementasi MBS
b. Melaksanakan pengembangan administrasi sekolah
c. Melaksanakan pengembangan pengorganisasian tenaga kependidikan

6. Unggul dalam Pengembangan Sumber Daya Sekolah
a. Melaksanakan Pengembangan Lingkungan dalam sekolah sebagai Sumber Belajar
b. Melaksanakan pengembangan lingkungan di sekitar Sekolah sebagai Mitra Kerja Sekolah

7. Unggul dalam Pengembangan Sekolah Sehat
a. Melaksanakan Penataan Taman dan Kebun Sekolah yang dapat mendukung lingkungan sehat
b. Melaksanakan Pengembangan Ruang dan Fasilitas Kesehatan
c. Meningkatkan Kerja Sama dengan kalangan Medis untuk pemeriksaan kesehatan siswa secara berkala

8. Unggul dalam Standart Penilaian Prestasi Akademik dan Non Akademik
a. Melaksankan Pengembangan Perangkat / Model-Model Penilaian
b. Melaksanakan Implementasi Model Evaluasi

9. Unggul dalam Kelulusan
a. Melaksanakan Program Belajar Intensif
b. Pengembangan Bidang Akademik
c. Pengembangan Bidang Olah Raga
d. Pengembangan Bidang Kesenian
e. Pengembangan Kegiatan Karya Ilmiah Remaja
f. Pengembangan Life Skill